Sabtu, 22 Februari 2014

gambaran umum masyarakat


Hallo semua. Mau tau bagaimana kondisi masyarakat di sekitar situ Cihideung ilir??? Berikut kami sampaikan:
                 Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini akan dilaksanakan di Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh tani maupun buruh pabrik. Selain itu, mata pencaharian masyarakat sekitar situ kebanyakan berprofesi sebagai tukang ojek, pedagang, supir, pelajar, dan lainnya. Situ Cihideung Ilir berada pada dua rukun tetangga yakni RT 01/RW 05 dan RT 01/ RW 04. Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa, akan mengundang dua masyarakat rukun tetangga tersebut karena lokasi masyarakat yang berdekatan dengan situ. Seperti masyarakat pada umumnya, masyarakat sekitar situ mengalami masalah yang sama dalam hal lingkungan seperti kurangnya tong sampah, tidak adanya tempat buangan sementara, sehingga masyarakat membuang sampah sembarangan. Komunitas pencinta lingkungan yang ada di masyarakat pun sangat minim, hanya komunitas pengajian yang sering melakukan kegiatan, dan beberapa kelompok lain seperti Karang Taruna, Komunitas Petani, sedangkan perkumpulan pemuda tidak berajalan.
           Menurut Kepala Desa setempat, dahulu Situ Cihideung Ilir ini dimanfaatkan sebagai tambak ikan, namun hanya beberapa minggu saja bertahan karena tidak adanya campur tangan civitas akademisi baik itu dari kampus sekitar ataupun mahasiswa. Masyarakat sangat membutuhkan peran civitas akademisi khusnya mahasiswa untuk memberdayakatan lingkungan masyarakat yang lebih baik.
Masyrakat yang ada dilingkungan situ juga dapat di istilahkan sebagai masyarakat transisi dimana masyarakatnya hampir seperti penduduk kota akan tetapi belum bisa kekotaan. Banyak kekurangan dari tipe masyrakat transisi ini yakni selain nilai kultural seperti gotong royong yang hilang dibandingan masyrakat yang benar-benar desa. Budaya negatif dari perkotaan cenderung di tiru seperti gaya pakaian yang tidak senonoh, pergaulan bebas, minuman keras bahkan sampai narkoba.
                 Dari segi pendidikan juga masih sedikit warga yang anaknya melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi selain faktor ekonomi faktor sosial juga cukup mempengaruhi. Banyak yang memilih langsung kerja selepas lulus sekolah sd, smp atau menengan di bandingkan melanjutkannya. Banyak anak2 selepas sekolah tertarik seperti teman-teman mereka yang memilih bekerja karena langsung bisa mendapatkan uang untuk membantu keluarga.
               Begitulah sedikit gambar tentang warga dilingkungan situ yang tidak jauh berbeda dengan masyarakat Indonesia lainnya. Semoga kami bisa menjadi pendorong agar warga sekitar situ Cihideung ilir bisa lebih baik lagi. Salam perubahan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar