Minggu, 23 Februari 2014

Bagaimana Situ Cantik?



Pernah nggak sih kalian mendengar kata ‘situ’ ?. Coba, apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata situ? Temannya kata ‘sini’? itu memang situ, tapi bukan itu yang dimaksud dengan situ di tulisan ini. Nah, biar nggak makin penasaran mending kita telaah lagi deh.
Menurut wikipedia, situ itu memiliki pengertian yang sama dengan danau, kawan. Dan itu artinya adalah sebuah tempat yang berisi air (bisa tawar atau asin) yang ada si suatu wilayah yang cukup luas berbentuk cekungan. Danau atau situ biasanya dijadikan tempat rekreasi. Kalian pasti tau Situ Gede, Situ Gintung, situ babakan, situ burung, situ hideuilir dll. Nah itu adalah salah banyak dari situ situ yang ada.

Nah kalo yang ini tau gak Situ apa ???
Situ ini namanya Situ Cihideung Ilir terletak di Desa Cihideung Ilir Kabupaten Bogor, Kecamatan Ciampea, Jawa Barat. memiliki luas 1.5 hektar dengan kedalaman tertentu. Liat kan keadaannya, dihiasi oleh sampah-sampah, warna air yang tak elok dipandang, hanya dijadikan tempat pembuangan,

hemm... menyedihkan. Menurut Pak RT setempat hampir semua warga yang tinggal di dekat situ membuang sampahnya ke pinggiran situ. Waaah pantesan aja situnya jadi tercemar gitu. Padahal banyak warga yang mancing di situ itu lho, trus sebagian besar ikan-ikan yang mereka dapat itu buat dikonsumsi, nah lho gimana tuh ???
Seperti cuplikan wawancara yang tim himpun berikut, pada bu Susi (36) penjaga toko yang tiap minggu mancing di Situ Cihideung ilir:
Tim :  kira-kira ada ikan apa aja bu di sini?
Susi : ikan lele, gabus.. ukurannya ada yang besar malah nyampe 2 kg. (potensial bgt kan sob: red.)
Tim : harapan ibu terhadap situ ini apa bu?
Susi : nggk banyak sampah, bisa jadi tempat refreshing, rekreasi alam, cuci mata, cuci kaki.. yah intinya sih bisa bersih dari sampah
Ckckckck............
Jadi masalah utamanya itu adalah SAMPAH dan gak tersedianya tempat pembuangan sampah yang benar. “nah itu yang menjadi salah satu alasan warga membuang sampah ke pinggiran situ, kata Pak RT. Hemm, sebenarnya ini semua gak akan terjadi kalo warganya juga sadar dan peduli akan lingkungan. Gak bermaksud menyalahkan hanya mengingatkan :D.
Melihat kondisi situ yang semakin memperihatinkan membuat hati kami tergerak untuk mengakhirinya. Hehehe udah kaya cerita aja diakhiri. Kami selaku putra-putri bangsa yang menjadi harapan bangsa ingin melakukan suatu hal kecil yang membawa dampak besar. Semoga ini menjadi langkah awal kami untuk berbakti pada Negeri. Aamiin.
Intinya sih bermanfaat untuk umat :D.
Well, planingnya kami akan merubah situ itu jadi sesuatu yang memiliki nilai, lebih tepatnya BERMANFAAT. Untuk mencapainya banyak hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan, pokoknya akan banyak cerita deh hehehe. So, kalo anda-anda mau liat dan mau tau action kami ayo kunjungi

From the darkness to be the lightness :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar